Sabtu, 26 Maret 2016

Episode 3 "My Boss Become My Inspiration"



Hi Guys, kembali lagi bersama gue Vhery dan Cerita Kehidupan Pribadi Gue....
Sekarang Gue mau cerita mengenai Problem dalam Pekerjaan Gue...

Langsung saja kita mulai ceritanya ya sob, Berawal dari 6 bulan yang lalu adalah awal dimana gue diterima bekerja setelah sebelumnya dipecat dari Restoran tempat kerja gue sebelumnya, gue sekarang bekerja di Sebuah Perusahaan Furniture dengan Jabatan gue sebagai seorang SALES MAN, sebut saja namanya Toko ABC. Pertama Kali gue mulai kerja di Toko ABC ini adalah akhir Bulan September 2015 lalu. Hari Pertama masuk kerja gue gak tau harus ngelakuin apa, karena gue juga baru diterima dan gue belum tahu detail mengenai tugas tugas gue di Toko ini, saat itu gue langsung bertemu dengan Owner Toko itu, sebut saja namanya Ngurah. Pak Ngurah ini adalah seorang PNS yang bekerja di Kantor BEA CUKAI Airport Ngurah Rai.


Hari Pertama gue di tugaskan jaga Toko dan Menghafal nama-nama barang dan harga di Toko tersebut, tempat yang nyaman dengan AC dan Ruangan yang gak terlalu luas buat gue betah di tempat ini dan kerjaan gue juga gak terlalu berat. Hari pertama masuk kerja gue belum dapat 1 customer pun.

Beberapa hari kemudian gue dapat customer yang rencana mau order kursi makan, karena gue belum terlalu tahu tentang detail harga barang di toko, gue tanya ke Bos gue soal orderan tamu ini. Dan bos kasi tahu detail dengan gue mengenai harga dan cara buat Rincian harga yang harus gue informasikan ke Customer.

Ke esokan Harinya gue mulai kerjakan Tugas membuat Rincian Harga untuk di email ke customer, setelah beberapa jam akhirnya Tugas gue pun selesai dan gue langsung informasikan ke Bos gue untuk dinilai pekerjaan gue, setelah di ACC oleh bos, gue langsung forward ke cutomernya.

Bebeapa hari kemudian gue dapat telfon dari customer yang mau order kursi itu, First time Take Call From the customer, Say Gretting :
Me :  "Hello, Good Morning. All 'Bout Chairs Shop, Vhery speaking, May I help you ?"
Customer : "Hello, Good Morning Vhery, I'm John, The guy who do order dining chairs with you before"
Me : "Oh Yes Sir, I remember that, what can I do for you sir ?"
Customer : "I would like to make a deal with dining chairs that I want to order"
Me : "Ok Sir, Can you please tell me, when you will come to our store for pay the deposit ?"
Customer : "I'll come tomorrow afternoon, so please wait me there"
Me : "Ok Sir, See you tomorrow"

Ke Esokan Harinya Mr. John Datang ke toko dan gue langsung serahkan Nota Deal dan Lembar Detail Order yang sudah gue buat kemarin. Setelah menerima deposit dari Mr. John gue informasikan ke Bos untuk segera memproses orderannya.
Hari demi hari gue lewati dengan melakukan pekerjaan sebagai seorang Sales Man di Toko ini, menjelaskan product ke customer, menerima orderan dan hal-hal lain yang selayaknya seorang Sales lakukan dan akhirnya sampailah pada akhir bulan dimana gue Terima Gaji bulan pertama gue. Gaji Pertama gue pakai buat minum-minum dan bersenang-senang bersama teman-teman gue di salah satu Club malam di Kuta Bali, bukan minum Susu ya sob, itu mah minuman sehari-hari buat bayi. Minuman gue berkelas International atau minuman orang Bule sob, ada Red Illusion, Margarita, Sex On The Beach, dan masih banyak cocktail lainnya, ada Vodka, Whiskey, Jack Daniel dan lain-lain. Sampai akhirnya gue pulang jam 04.00 subuh, pulang dengan kondisi mabuk dan dompet ludes, uang gaji pertama gue habis semua buat Happy-happy.

Esok Harinya gue bangun telat, dan jam gue pun sudah menunjukan waktu mulai Kerja yaitu pukul 09.00 am, tanpa pikir lama gue pun langsung pakai seragam Kerja, tanpa cuci muka, tanpa mandi dan gosok gigi gue tancap gas motor matic gue sampai laju motor sudah menyamai Drag Champion. Sesampainya di tempat kerja jam 09.35 am dengan kondisi muka yang kurang menarik gue buka HP toko buat absen ke Bos, ehhh ternyata si bos sudah sempat nelfon gue ke HP toko dan SMS gue dengan marah-marah. Gue bilang ke dia kenapa gue bisa telat dengan bohongin dia kalau gue ada urusan tadi pagi yang gak bisa gue cancel. Singkat cerita bos tidak percaya dan terus nyalahin gue, bilang gue gak disiplin lah, bilang inilah bilang itulah.
Setelah selesai di marahin gue lanjut bersih bersih toko seperti biasanya menyapu, ngepel lantai dan lap kaca toko. Setelah semua kerjaan beres baru gue cuci muka dan siap jaga toko seperti biasanya, buka email toko, FB, Instagram dan Post Foto Product Terbaru di sosmed. Berapa jam jagain toko belum juga ada tamu yang berkunjung ke toko sampai akhirnya waktu pun mulai sore dan saatnya menutup toko.
Bingung mau nyari pinjaman uang dimana buat beli makan sebentar malam, seketika itupun gue dapat ide buat minjem uang KAS Toko dulu, saat itu pun gue balik ke kosan gue. Sesampainya di kos gue langsung mandi dan sehabis itu keluar buat cari makan. Sehabis makan gue langsung balik lagi ke kosan, dengan wajah yang murung gue tiduran di lantai sambil mikirin kata-kata pedas yang Bos utarakan ke gue. Bingung mau curhat sama siapa, pacar  jauh, nelfon ortu gak berani, terpaksa dehhh hal ini gue pendam dalam hati saja. Gue bingung dengan diri gue sendiri, gue selalu mementingkan diri sendiri dan gak pernah mau peduli dengan kepentingan orang lain, seperti kepentingan di tempat kerja.
Mungkin gue terlalu hura-hura dan hambur-hamburkan uang selama ini, gue gak pernah mikir akibatnya kedepan nanti, kalau sudah megang uang kaki gue tu pinginnya jingkrak-jingkrak di lantai dance mulu. Kalau sudah terjadi seperti sekarang baru gue menyesal sob.

Singkat cerita gue bekerja di tempat ini sudah mau masuk bulan ke 4, di bulan ini gue banyak diberi masukan dan saran oleh bos gue, gue masih ingat kata-kata pedas yang pernah dia utarakan ke gue.
"Kamu kalau mau menjadi seperti saya kamu harus bisa belajar disiplin diri kamu dulu, saya tidak menerima alasan apapun atas seringnya kamu terlambat kerja"
"Kamu punya otak itu dipakai dong, jangan kayak binatang yang tidak berotak, kamu adalah manusia yang diciptakan tuhan dengan memiliki otak, jadi fungsikan otak kamu mulai saat ini"
"Jujur saya kasihan sama kamu karena kamu merantau ke bali, saya masih bisa hidup dengan gaji saya sendiri, tanpa kamu pun saya masih bisa hidup, kalau saya tidak ada rasa peduli terhadap kamu mungkin saya sudah pecat kamu gus"
"Jadi tolong mulai saat ini belajar menghargai setiap saran yang diberikan oleh orang kepada kamu, bukan cuma saya saja, tapi orang lain juga"
"Jika mau menjadi orang yang sukses dan berguna untuk semua orang kamu harus belajar mendisiplin diri kamu mulai sekarang, perbaiki sikap kamu yang amburadul ini"
"INGAT PESAN SAYA, JIKA INGIN MENJADI SUKSES KAMU HARUS BELAJAR DARI ORANG YANG SUKSES JUGA, DISIPLIN DIRI DAN SIKAP RESPECT KAMU HARUS TINGKATKAN"
"PILIHLAH TEMAN YANG BAIK BUAT KAMU, maksud kata-kata saya ini adalah kamu harus lebih pintar memilih teman, bergaulah dengan orang yang sukses, tiru cara hidup mereka, maka kelak suatu saat kamu akan bisa seperti mereka semua, meraih kesuksesan mu sendiri, JANGAN BERGAUL DENGAN ORANG YANG GAK BENAR, Karena mereka akan menghambat jalan mu menuju kesuksesan"
"KAMULAH YANG MENENTUKAN PILIHAN HIDUPMU SENDIRI, JIKA BUKAN DARI SEKARANG KAMU BERUBAH, KAMU TIDAK AKAN MENJADI APA APA DI MASA DEPAN"
"CAMKAN ITU" Kata-kata dari bos gue yang membuat malu dengan diri saya sendiri.

Sejak saat itu perlahan tapi pasti saya harus tetap melangkah demi kesuksesan saya di masa depan nanti, kata-kata dari bos gue akan selalu menjadi MOTIVASI dalam hidup gue.
Saat itupun gue mulai bisa tingkatkan disiplin gue, gue sudah tidak pernah terlambat bekerja lagi seperti dulu, tapi ada sihh sedikit-sedikit lambat 5 atau 10 menit gitu dehhh sob hehe.





Target penjualan toko saat itu bisa gue bisa tingkatkan dari 30jt / bulan menjadi 50jt / bulan, semangat gue terus bertambah, promosi product toko gue juga tingkatkan melalu jejaring sosial media seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Ternyata usaha gue membuahkan hasil, bos bangga terhadap kinerja gue dan gaji gue pun dinaikan. Bos juga sudah gak pernah marahin gue, bukan gak pernah sihh tapi jarang.
Gue juga berusaha sebisa gue untuk menambah omset penjualan dengan email beberapa Toko furniture di luar negeri seperti Australia, Perancis, Italia, Singapore, dan Spanyol untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan furniture bos gue.
Semangat dan kerja keras pasti akan membuahkan hasil, dan gue percaya itu karena gue sudah buktikan diri gue sendiri. Sedikit demi sedikit gue belajar menabung dari gaji gue sisihkan selembar demi selembar hingga sampai setahun gue sudah punya tabungan yang cukup buat melamar kerja ke Kapal Pesiar nanti. Kunci kesuksesan ada di tangan gue bukan di tangan orang lain.


Buat kalian yang punya masalah hidup sama seperti kisah gue ini, gue berharap kalian jangan pernah menyerah, cobalah sesuatu yang baru. JANGAN PERNAH TAKUT GAGAL, Karena kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Jangan pernah menyerah hadapi setiap rintangan dalam hidup mu, sesulit apapun masalahmu pasti akan ada jalan keluarnya. So, keep going and do the best for your next future.

Berikut ini adalah Beberapa Ciri-ciri Orang yang SUKSES dan Orang yang GAGAL  :

ORANG SUKSES SELALU MEMBICARAKAN TENTANG IDE DAN GAGASAN
ORANG GAGAL SELALU MEMBICARAKAN ORANG LAIN

ORANG SUKSES TERUS BELAJAR DAN MENCOBA HAL - HAL YANG BARU
ORANG GAGAL MEREKA SELALU BERANGGAPAN MEREKA TAHU SEGALA HAL

ORANG SUKSES SELALU MEMBERI KRITIKAN DAN SOLUSI YANG LOGIS ATAS SETIAP MASALAH
ORANG GAGAL SELALU MEMBERI KRITIKAN TANPA SOLUSI DAN BERSIFAT MENYUDUTKAN

ORANG SUKSES AKAN SELALU BERSAMA - SAMA MERAIH KEMENANGAN, SALING MEMBANTU DAN MEMBERI IDE YANG BERGUNA KEPADA ORANG LAIN
ORANG GAGAL MERAIH KEMENANGAN DENGAN MENJATUHKAN  ORANG LAIN

ORANG SUKSES AKAN MENYADARI BAHWA KEGAGALAN DATANG DARI DIRI MEREKA SENDIRI
ORANG GAGAL AKAN SELALU MENYALAHKAN ORANG LAIN ATAS KEGAGALAN DIRINYA SENDIRI

Kamulah yang menentukan jalan hidupmu sendiri


Berikut ini akan gue cerikan sedikit Success story of My Boss. Orang yang  sangat berjasa dalam hidup gue, orang yang menjadi motivasi gue dan sekaligus menjadi Orang Tua dan Guru bagi gue. Semoga Bapak Ngurah selalu mendapatkan yang terbaik. Terimakasih atas segala masukan yang bapak pernah berikan kepada saya. Good Motivation to Change My Life...


Mr. Ngurah ini adalah seorang PNS di kantor BEA CUKAI airport Ngurah Rai, Denpasar Bali. Meski dengan gaji PNS yang cukup besar dan hidup yang memadai beliau masih punya motivasi lain yaitu membangun bisnis atau usaha sampingan di bidang Furniture dan Design Interior, beliau pernah memberitahu saya gimana cara membangun suatu usaha / bisnis dari nol hingga jadi sukses seperti sekarang, dulu dia pernah jualan Jam Tangan, Jualan Kacamata dan lain sebagainya sewaktu dia tugas di Jakarta. Hidup mandiri sudah dia lakukannya sejak ia masih kecil hingga sekarang dia selalu membuat orang tuanya bahagia. Dia selalu berusaha sendiri dan tidak pernah menyerah dalam dunia usaha. Jatuh bangun dalam dunia usaha baginya sudah menjadi hal yang biasa. Intinya fokus dan konsisten dan sikap pantang menyerah akan menuntunmu ke jalan kesuksesan. 
Untuk Mr. Ngurah jika anda membaca cerita ini, saya selaku karyawan anda merasa bersyukur dan bangga bekerja di tempat anda pak. Anda adalah Boss sekaligus orang tua bagi saya yang selalu menuntun dan menjadi penyemangat hidup saya. Maafkan saya jika selalu membuat anda kesal dan selalu memberitahu saya sampai berulang-ulang kali. Saya tahu anda capek dan bosan menghadapi tingkah laku saya dalam bekerja, tapi dalam hati saya ingin menjadi seperti anda, saya yakin perlahan tapi pasti saya akan berusaha merubah hidup saya menjadi lebih baik hingga menjadi orang yang sukses seperti diri anda.



Untuk teman - teman yang sudah baca cerita ini, gue mau sedikit promosi buat kalian yang lagi liburan ke Pulau Dewata BALI. Bagi kalian yang minat membuat Kursi, Sofa atau Meja dengan desain sendiri silahkan kunjungi Furniture Shop Bos gue di Jl. Mertanadi No. 45, Kerobokan - Bali, tepat dibelakang Lapas Kerobokan. 
ALL 'BOUT CHAIRS SHOP, menerima pesanan berbagai design Kursi, Sofa dan Meja dengan harga yang relatif terjangkau. Menggunakan 3 bahan dasar Kayu Jati, Mindi, dan Mahoni. Dan juga ada banyak pilihan jenis kain dari bahan Velved, Pollyester, Linen, Leather, Sunbrella dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Silahkan berkunjung ke tempat kami kawan - kawan.


...Terimakasih Sudah Berkunjung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar